Jadilah seperti Kedua Tangan, jangan jadi seperti kedua telinga

Jadilah Seperti Kedua Tangan, Jangan Menjadi Seperti Kedua Telinga

Meneruskan artikel yang sebelumnya,,yakni tentang sang idola,,,,saya terinspirasi dengan salah satu hadits Rasulullah SAW yang artinya :

“ Jadilah Seperti Kedua Tangan, Jangan menjadi seperti kedua telinga “ ( maph Cuma artinya doank,,soalnya g ada bahasa arabnya disini…^_^)

Why????

Ok,,kita bahas satu persatu,,,

Pertama-tama kita jelasin perintah untuk menjadi seperti kedua tangan,,,kenapa harus seperti kedua tangan,,,karena :

Ø Karena hubungan kedua tangan melambangkan persahabatan sejati…ko’ bisa???

Jadi gini,,ketika salah satu tangan terluka, maka tangan yang satunya akan mengobatinya. Seperti persahabatan sejati,,ketika seorang sahabat kita sedang dilanda musibah, maka sahabat lainnya akan menghibur dan menghilangkan duka darinya. Begitu lah persahabatan sejati,,yang saling memahami,,bukan Cuma mau enaknya doank,,tapi pas lagi ga enak,,di biarin aja,,seperti pribahasa,”habis manis sepah dibuang”,,wah jangan jadi kayak gitu tuch,,,bahaya,,,tapi jadi seperti tangan,,ok??

Ø Selain itu,,kedua tangan juga melambangkan suatu kerjasama yang solid. Seperti misalnya,,,kalau kita ingin tepuk tangan,,,kan ga mungkin kalo kita hanya menggunakan satu tangan,,tapi kita harus menggunakan kedua tangan kita agar mengeluarkan suara tepuk tangan. Begitu juga dalam suatu organisasi,, kita harus sailng bekerjasama dengan orang lain, jangan pernah egois,,otoriter, dan mau menang sendiri. Karena,,bila kita hanya bekerja sendiri saja, kita ga bakalan dapetin hasil yang maksimal, tapi,,,kalo misalnya kita bekerjasama satu sama lain,,insyaallah,,,hasil yang kita dapatkan akan maksimal…

Ø Kedua tangan,,juga melambangkan eratnya ukhuwah,,why??sekarang saiia mau nanya,,,salah astu hal yang dapat mempererat ukhuwah apa??hayooo??ya dengan bersalaman atau berjabat tangan,,trus,,,kalo kita salaman,,,atau jabat tangan pake apa??pake tangan kan??(ya iyalah,,,masa ya iya donk,,,secara gitu,,bayi di belah,,bukan dibedong…!!Lho??)

Nah,,,saiia mau share sedikit nie tentang bersalaman,,,tau hadist yang bunyi nya gini??

Al Baadi bissalaami,,bariiun minal kibri,,,artinya =>(sedikit bagi” ilmu tentang kaidah bahasa arab niyh,,,simak baik” ya???)

Al baadi = kalo di bahasa arab nie,,,itu namanya ismi fail,,maksudnya subjek(orang yang melakukan),,trus kata bada’a,,itu artinya memulai,,,jadi kalo dalam bentuk ismi fail,,,al baadi=>orang yang memulai,,,ngerti???

Bi=> artinya dengan,,,dalam buku ‘awamil,,bi adalah salah satu huruf jar(huruf yang mengkasrohkan kata),,jadi,,,setelah huruf bi,,makahuruf akhir kata setelahnya,,harus berharkah kasroh,,seperti kata salaam(i),,,ok???

Salaami=>ya jelas lah,,artinya salam…

Bariiun=>artinya terhindar

Minal=>artinya dari,,,nah,,,sama seperti kata bi,,,kata minal juga merupakan salah satu huruf jar,,jadi,,,huruf akhir kata setelahnya harus berharkah????(pinter….)

Kibri=> artinya rasa sombong,,inget kata takabbur kan??ya ga’jauh” lah artinya,,,

Nah,,,sekarang kita artiin kata perkata,,,,ready??check it out…!!!

Al baadi=orang yang memulai ( dengan apa?? ) bissalami=demgam salam ( apakah?) bariiun=terhindar(dari apa?)minal kibri=dari kesombongan

Nah,,udah ngerti kan??ok kita lanjut aja langsung…

Tuh,,,kan sekarang kita udah tau artinya,,,sekarang maknanya,,,

Ya ga jauh-jauh lah,,,jadi,,barang siapa yang pertama kali memulai salam dengan orang lain,,,baik yang dikenal maupun yang tidak,,insyaallah,,dia akan terhindar dari rasa sombong…

Kenapa???karena biasanya nie,,,apalagi yang namanya anak muda,,gengsi kali salaman ma orang laen,,,alasannya,,,”emangnya gw orang alim????”ya engga lah,,,bukan Cuma orang alim yang harus salaman,,,tapi semua orang islam itu wajib hukumnya bersalaman dengan orang lain,,,karena salaman merupakan salah satu hak seorang musim kepada muslim lainnya,,,

Trus,,,apa manfaatnya sie???

Dengan kita bersalaman,,maka dosa-dosa kita dengan orang yang kita salami itu,,akan gugur seperti gugurnya daun di pohon jati,,selama tangan kita masih memegang tangannya,,,wah,,,subhanallah,,manfaatnya bagus banget,,,

Nah,,makanya,,jadilah tangan,,ok???

Ø Tangan tidak akan pernah bertengkar,,walaupun perlakuan kepada keduanya berbeda,,maksudnya???

Misalkan,,biasanya,,,kita menggunakan tangan kanan untuk hal-hal yang positif,,misalakn untuk makan,,,member shodaqoh dan lainnya,,,,trus,,tangan kiri biasanya kita gunakan untuk hal yang kurang baik,,seperti (afwan)misalnya untuk istinja(Lho??apaan tuh istinja???)

Dalam ilmu fiqih,,istinja artinya=>membersihkan sisa buang air kecil ataupun besar dari tempat keluarnya dengan menggunakan air atau benda kering hingga hilang najisnya,,,

Kan keliatannya ga adil banget ya???tapi,,apa yang terjadi,,,tangan kiri ga’ pernah tuh marah-marah sama tangan kanan(ja jelas lah,,kan ga punya mulut),,,apalagi mukul tangan kanan,,,ga pernah kan???( bukan disengaja…!!!)

Nah,,walaupun kita merasa derajat kita lebih rendah dari orang lain,,,jangan pernah kita merasa dengki ataupun iri dengan orang lain,,apalagi sampe marah sama dia,,,jangan!!bersabarlah,,,karena,,orang yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa kepadanya,,ok??

Ø Allah berlaku adil kepada kedua tangan,,maksudnya???

Seperti penjelasan di atas,,,tangan kanan lebih mulia daripada tangan kiri,,,(dilihat dari fungsinya)

Tapi,,,keadilan allah terjadi disini,,,tangan kiri,,yang derajatnya masih dibawah tangan kanan,,,Allah memberikan kemuliaan kepadanya dengan cara,,,memberikan kemuliaan lain yang tidak ada pada tangan kanan,,misalkan,,biasanya nie,,kita kalo pake jam tangan kan di tangan kiri (yang pake ditangan kanan diem aja),,,dengan begitu,,walaupun tugas dari tangan kanan kurang mulia,,tapi menjadi indah karena perhiasan tersebut,,,

Di kehidupan ini,,walaupun kita merasa lebih rendah,,umpamanya kita orang yang kurang berada,,,jangan merasa pesimis,,jangan merasa begitu rendah dri,,,sesungguhnya Allah memberikan kemuliaan lain kepada kita,,misalkan,,dengan kita miskin,,,kita ga bisa sombong dengan harta kekayaan kita,,,kita ga bisa foya” dengan harta kita,,,makanya jangan pesimis dengan derajat kita,,,sesungguhnya Allah Maha Adil kepada seluruh makhluknya,,,

Ø Sebenernya,,,masih banyak lagi keutamaan” yang dimiliki oleh kedua tangan yang harus kita tiru,,,tapi,,kita langsung ke kedua telinga aja,,,ok??

Kenapa jangan menjadi kedua telinga???

Ø Kedua telinga tak akan bertemu walau sampai hari kiamat

Bener kan??mana mungkin kedua telingan bakaln bertemu satu sama lain,,,posisinya aja saling berjauhan(lain halnya kalo kita iris kuping kita),,kita tidak boleh meniru kedua telinga ini,,,tapi kita harus meniru kedua tangan,,yang saling menyapa satu sama lain,,,ok??

Ø Telinga hanya bisa mendengar,tanpa satu usaha yang pasti

Telinga hanya bisa mendengar keluhan orang lain,,mendengar permohonan orang lain,,permintaan orang lain,,,tapi,,apa yang dilakukannya???hanya diam,,tidak ada satu usaha apapun,,bisanya Cuma dengar aja,,,lain halnya dengan tangan,,,tangan lebih banyak member daripada hanya mendengar,,,

Ø Sama seperti tangan,,,sebenernya masih ada lagi hal lain yan gtidak boleh kita tiru dari kedua telinga,,,tapi,,,udah cape ni,,,mau selesaian buru-buru,,hehe…^_^

Nah,,udah tau kan,,,kebaikan kedua tangan dan keburukan kedua telinga???

Mulai dari sekarang,,ayo kita berusaha menjadi seperti kedua tangan yang saling memahami,,,bekerjasama,,ukhuwah yang erat,,tak pernah iri ataupun dengki,,adil,,dan lain-lain,,,

Semoga kita bisa melaksanakan sunnah Rasulullah SAW ini,,dan membawa islam menuju kejayaan,,amiin….

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: